Content Protection by DMCA.com

Apa itu Domain dan Cara Membayar Domain Google

Daftar Isi sembunyikan
Sistem Nama Domain & Server Nama

Kata “domain” tersebar di seluruh Internet. Tapi apakah Anda benar-benar mengerti apa itu domain? URL tersebut adalah nama domain yang Anda masukkan di bilah URL browser favorit Anda yang diakhiri dengan .com, .co.id, .id, .ac.id.

Cara Membayar Domain Google

Cara Membayar Domain Google

Pahami tanahnya

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang apa itu domain dan Cara Membayar Domain Google. Apa itu domain? Domain adalah URL yang akan membawa Anda ke situs Web yang Anda kunjungi. Sebagian besar domain merupakan alamat IP dengan bilangan kompleks, sehingga kombinasi bilangan tersebut sangat sulit untuk diingat karena banyaknya situs Web yang tersebar di Internet.

Bagaimana domain bekerja

Sekarang setelah memahami apa itu domain google gratis, sekarang saatnya mempelajari cara kerja domain. Namun perlu diingat bahwa domain digunakan sebagai alamat untuk menuju ke situs Web tersebut. Anda tahu ada jutaan domain di dunia ini. Aneh tapi sulit menemukan alamat yang salah. Jadi domain ini dikonfigurasi sebagai daftar kontak. Anggap saja seperti buku telepon.

Buku telepon ini sekarang disebut server DNS. Situs web menyimpan brosur ini. Saat Anda mencari server DNS untuk domain yang Anda cari, browser Anda akan menampilkan halaman yang Anda cari. Namun, jika alamatnya tidak ditemukan, itu akan tersedia di server DNS lain.

Perbedaan Antara Domain dan Hosting

Kami sering menyebut hosting dalam deskripsi domain di atas. Perlu Anda ketahui bahwa hosting dan domain adalah dua hal yang berbeda. Lalu, apa itu domain dan hosting? Seperti yang sudah dijelaskan, domain adalah alamat yang akan membawa Anda ke sebuah situs web. Nah, sedangkan hosting adalah tempat menyimpan semua file yang ada di website.

Masih bingung? Oke, untuk membuatnya lebih mudah, kita akan menggunakan analogi perumahan. Dalam real estat, domain adalah alamat rumah Anda. Sedangkan hosting adalah rumah yang Anda tinggali dan merupakan tempat menyimpan berbagai furniture. Tanpa alamat, tidak ada yang bisa mengunjungi rumah. Sama halnya dengan hosting.

Tanpa harga domain google yang murah, netizen tidak akan bisa mengunjungi website tersebut. Begitu pula sebaliknya, tanpa rumah, orang hanya akan menemukan lahan kosong saat mengunjungi alamat Anda. Tanpa hosting, netizen hanya akan menemukan halaman web kosong tanpa konten.

Apa itu Domain dan Cara Membayar Domain Google?

Cara Membayar Domain Google

Cara Membayar Domain Google

Cara Mendaftar Domain

Cara mendaftarkan domain bisa berbeda tergantung pada penyedia hosting atau provider yang Anda pilih. Berikut cara mendaftarkan domain:

Periksa ketersediaan nama domain pilihan Anda di sini

Masukkan nama google domain login yang Anda inginkan dan ekstensinya. Jika domain tersedia, Anda dapat mengklik Add to Cart. Namun, jika domain tidak tersedia, Anda dapat mengubah nama atau ekstensinya. Pilih opsi Tanpa Hosting jika Anda hanya ingin membeli domain.

Sistem Nama Domain & Server Nama

Cara bayar google workspace tanpa kartu kredit, mereka tidak langsung terhubung. Karena mereka pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. Namun, Anda dapat menghubungkan keduanya dengan bantuan DNS. Jadi apa itu DNS dan apa saja komponennya? Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

  • Domain Name System (DNS): DNS adalah sistem database yang berfungsi untuk menerjemahkan/mengarahkan nama domain ke alamat IP atau sebaliknya.

  • DNS terdiri dari beberapa record, antara lain NS Record, A Record, PTR, CNAME, TXT, SOA, dan sebagainya.

  • Dengan DNS ini Anda dapat mengarahkan domain ke server IP yang Anda inginkan melalui pengaturan DNS di panel domain tempat Anda membeli / mendaftarkan domain.

  • Nameserver (NS): Nameserver adalah nama unik yang merepresentasikan nama server penyimpanan database sistem nama domain (DNS Server) yang di dalamnya terdapat keterangan alamat IP yang

Apa itu Domain dan Subdomain?

Domain dan subdomain tidak dapat dipisahkan. Subdomain dapat digunakan untuk memisahkan domain lain yang masih merupakan turunan dari domain primer yang Anda miliki. Anda bisa mendapatkan subdomain gratis jika Anda memiliki domain yang terdaftar di sini. Subdomain adalah alias dari domain Anda. Biasanya, subdomain akan berisi kata atau nama yang lebih spesifik untuk seluruh situs web Anda.

Subdomain biasanya digunakan agar konten di dalamnya tidak tercampur dengan konten utama website pengguna. Jika Anda memiliki toko online tetapi Anda juga ingin memberikan edukasi tentang item yang Anda pasarkan, Anda dapat membuat subdomain “blog” dengan cara pembayaran google drive.

Dengan cara bayar google workspace ini, Anda tidak akan bingung menempatkan artikel tanpa merusak estetika toko online Anda. Tidak hanya berguna untuk memisahkan konten kustom dari domain utama Anda, subdomain memiliki manfaat lain. Kegunaan subdomain meliputi:

  • Mesin telusur melihat subdomain sebagai situs web unik yang tidak ditautkan ke domain utama Anda. Ini berarti, peringkat subdomain Anda juga bisa naik dan mendapatkan dasar di domain utama. Tentu saja, ini berarti Anda dapat menggeser situs pesaing.

  • Jika digunakan dengan benar, domain tersebut juga dapat diindeks dengan cepat dan mendapatkan keuntungan dari domain primer.

Addon Domain dan Parkir Domain

Selain memahami apa itu domain dan subdomain, Anda juga harus sangat paham dengan kedua istilah ini. Biasanya penyedia layanan web hosting akan menawarkan addon domain gratis yang bisa kamu gunakan setelah membeli domain primer. Cara beli domain di google tanpa kartu kredit itu mudah jika memilih paket hosting web Pelajar, Pribadi, dan Bisnis.

Seperti apa itu Domain dan Cara Membayar Domain Google?

Cara Membayar Domain Google

Cara Membayar Domain Google

Addon Domain

Addon domain adalah domain yang ditambahkan setelah Anda memiliki domain primer. Namun, addon domain tidak berfungsi seperti subdomain. Jika subdomain masih menggunakan nama domain primer Anda, domain addon bisa menjadi domain independen dengan konten yang sangat berbeda.

Domain Parkir

Domain parkir adalah istilah yang sering Anda dengar. Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa itu parkir domain? Istilah parked domain atau parked domain adalah nama domain yang menunjuk ke domain primer Anda. Lalu, apa bedanya dengan redirect? Tentu berbeda.

Cara Membayar Domain Google

Cara Membayar Domain Google

Cara Membayar Domain Google

  • Cara melakukan pembayaran melalui Virtual Account bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Login ke IndoSite

  • Klik menu Billing/My Invoice

  • Klik Invoice yang akan dibayar

  • Pada Payment Method, pilih Transfer Virtual Account

  • Klik tombol Pay Now (ada di bawah UNPAID)

  • Pilih Bank yang diinginkan (sesuai rekening bank Anda)

  • Klik tombol Pay Now

  • Catat Virtual Account Number dan baca petunjuk pembayaran (nomor Virtual Account juga terkirim ke email Anda).

  • Segera lakukan pembayaran sesuai petunjuk, sebelum masa expire nomor Virtual Account.

  • Pembayaran setelah masa expire Virtual Account akan DITOLAK dan harus membuat nomor Virtual Account baru. Itulah ulasan tentang apa itu domain dan Cara Membayar Domain Google. Semoga bermanfaat

0 0 votes
Article Rating

Pin It on Pinterest

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu?