Content Protection by DMCA.com

8 Langkah untuk Solusi Google Cloud Directory Sync

Selamat datang di IT-SATUPUNTU Blog. Kami baru saja menyelesaikan permasalahan Google Cloud Directory Sync (GCDS) dimana Port 389 dan Port 3268 tidak aktif pada Server GCDS.

Berikut ini kami berikan langkah demi langkah untuk Solusi Google Cloud Directory Sync (GCDS).

Anda harus mempunyai hak akses sebagai Administrator untuk bisa menggunakan servis ini.

Langkah 1: Mendapatkan GCDS Log

Cara mengaktifkan GCDS Log adalah dengan mengganti log level menjadi TRACE seperti gambar dibawah ini

Solusi Google Cloud Directory Sync 1 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 2: Mengunggah GCDS Log ke Google Apps ToolBox

Simpan Log kemudian upload GCDS Log ke Google Apps ToolBox > Log Analyzer 2

Solusi Google Cloud Directory Sync 2 Solusi Google Cloud Directory Sync

Berikut ini adalah screenshot hasil dari Log Analyzer 2:

Solusi Google Cloud Directory Sync 3 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 3: Melakukan Testing Jaringan Menggunakan Telnet

Melakukan pengetesan Testing Telnet ke masing masing Server Host dengan port 389 maupun 3268. Baik dari GCDS Server ke Server Active Directory Directory Services (AD DS) maupun sebaliknya.

Solusi Google Cloud Directory Sync 4 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 4: Melakukan Testing Jaringan Menggunakan Tracert /d

Pada tab security, klik pada panah bawah disebelah kanan atas

Solusi Google Cloud Directory Sync 5 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 5: Melakukan Test Connection GCDS

Kembali ke GCDS dan melakukan Test Connection. Apabila hasilnya Fail jangan panik. Untuk kasus ini, Test Connection Fail dikarenakan Folder SyncState berada pada Mode Read-Only.

Solusi Google Cloud Directory Sync 6 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 6: Ganti mode “Uncheck” untuk Folder SyncState dari Status ReadOnly

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengganti Folder SyncState dan uncheck Read-only.

Solusi Google Cloud Directory Sync 7 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 7: Melakukan Test Connection GCDS Kembali

Silahkan melakukan Test Connection GCDS lagi. Pada saat ini seharusnya Test akan berhasil seperti gambar dibawah ini.

Solusi Google Cloud Directory Sync 8 Solusi Google Cloud Directory Sync

Akar Permasalahan: Service Port 389 and Port 3268 Tidak Aktif

Untuk kasus ini, GCDS tidak aktif dikarenakan karena Port 389 dan Port 3268 Pada Server GCDS tidak aktif. Hal inilah mengapa GCDS Google tidak bisa tersinkronasikan dengan baik. Berikut ini adalah screenshot yang didapat dari email notifikasi.

Solusi Google Cloud Directory Sync 9 Solusi Google Cloud Directory Sync

Langkah 8: Mengaktifkan Service Port 389 dan Port 3268

Silahkan mengaktifkan Port 389 dan Port 3268 pada Firewall Server GCDS dengan konfigurasi resmi dari Microsoft berikut ini:

Solusi Google Cloud Directory Sync 10 Solusi Google Cloud Directory Sync

Kesimpulan: Solusi Google Cloud Directory Sync

Kesimpulan Google GCDS ini pada saat sinkronisasi yang tidak berhasil dikarenakan Port 389 dan 3268 layanan servis dari Google GCDS berhenti. Kami memeriksa ternyata Firewall Server GCDS tidak diaktifkan. Kami menduga, hal inilah mengapa Port 389 dan 3268 berhenti berfungsi.

Silahkan komentar dibawah ini apabila ada permintaan seputar Google Cloud Directory Sync, G Suite maupun Google Cloud Platform.

 

5 1 vote
Article Rating

Pin It on Pinterest

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu?